Rabu, 07 Januari 2009

Penggunaan TIK di Dunia Pendidikan Australia

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi yang sekarang ini merupakan hal yang sangat penting, keberadaan teknologi ini sangat penting, baik bagi suatu organisasi maupun suatu perusahaan, dan didalam dunia pendidikan pun sekarang ini sangat penting.
Perkembangan suatu teknologi khususnya TIK dalam suatu negara dapat terwujud dengan baik apabila didukung oleh tingkat kecerdasan, keahlian dan wawasan yang luas serta tidak luput dari partisipasi masyarakat yang berkeinginan untuk bisa hidup lebih maju dan berkembang, suatu negara bisa disebut sebagai negara yang berkembang apabila negara tersebut mampu bersaing dengan negara-negara yang sudah berkembang, sedangkan dalam menciptakan suatu kemajuan teknologi menuju perkembangan yang lebih maju di butuhkan tekad dan kemauan para masyasrakat.
1.2 Maksud dan Tujuan
Dalam hal ini penulis memberikan pembahasan akan maksud dan tujuan dalam menulis makalah ini :
a. Untuk bagaimana pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan di Australia.
1.3 Batasan Masalah
Dalam hal ini penulis memberikan batasan masalah dalam menulis makalah ini :
1. Apa Pengertian TIK?
2. Bagaimana Pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan di Australia?
3. Mengapa pemanfaatan TIK didalam dunia pendidikan sangat penting?
1.4 Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran mengenai laporan ini, maka penulis akan menguraikan sistematika penulisan secara garis besar yang terdiri dari tiga bab,disetiap bab akan menjadi sub bab sesuai kebutuhan.
Sistematika ini di buat agar menjadi mudah dipahami oleh semua pihak yang susunannya adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan hal yang bersifat umum, maksud dan tujuan, batasan masalah dan sistematika penulisan .

BAB II PEMBAHASAN
Bab ini membahas mengenai hal yang bersifat umum pengertian TIK, Pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan di Australia, dan Pentingnya Pemanfaatan TIK di Dunia Pendidikan

BAB III PENUTUP
Bab ini berisikan simpulan dan saran dari bab-bab sebelumnya.




















BAB II
PEMBAHASAN

A. Umum
Kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari manusia. Kemajuan TIK juga telah memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan sehari-hari manusia termasuk dalam kegiatan pembelajaran.
Di lingkungan pendidikan, peserta didiklah yang harus aktif pergi ke sekolah agar dapat bertemu dengan sumber belajar yang berupa guru misalnya. Di sekolah juga, peserta didik dapat menemukan beberapa sumber belajar lainnya, seperti: peta, globe, buku, dan berbagai jenis media pembelajaran lainnya. Dalam kegiatan pembelajaran yang pada umumnya terjadi adalah bahwa peserta didik yang aktif mendatangi sumber belajar.
B. Pengertian TIK
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang (Davis dalam Abdul Kadir : 2003,28). Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar,angka dan lain-lain(Hovland, Janis, dan Kelley : 1953). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara umun dapat didefinisikan teknologi-teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. Dapat juga diartikan sebagai gabungan teknologi-teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan komunikasi. Jadi Tik mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pengelolaan informasi, sedangkan Teknologi Komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampain Informasi dari pengirim ke penerima.
C. Pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan di Australia
Seiring dengan pesatnya perkembangan TIK di dunia semua aspek kehidupan ternyata mendapat imbasnya dari perkembangan tersebut, tak luput juga pemanfaatan TIK didalam dunia pendidikan dirasakan sangat penting.
Pemerintah Australia mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk membelajarkan para warga negaranya. Dengan cara memberikan kredit kepada keluarga yang membutuhkan perangkat TIK untuk mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran. Pelatihan tentang cara-cara pemanfaatan perangkat TIK diberikan kepada anggota keluarga, baik orang tua maupun orang dewasa yang ada. Agar anak-anak usia TK dapat belajar sebagaimana layaknya teman-temannya di Sekolah Taman Kanak-Kanak, maka lembaga penyelenggara pendidikan TK memberikan layanan kegiatan belajar kepada anak-anak TK melalui orang dewasa yang ada atau tinggal serumah dengan menggunakan perangkat TIK.
Melalui perangkat TIK, orangtua anak dibimbing tentang berbagai hal yang harus dilakukan untuk membelajarkan anaknya yang berusia TK. Apabila ada masalah, orangtua juga dapat mendiskusikannya dengan pihak pengelola pendidikan TK secara jarak jauh melalui perangkat TIK yang telah ada. Pada dasarnya, orangtua atau orang dewasa yang dekat dengan sang anak yang berusia TK yang melakukan kegiatan pendidikan/pembelajaran. Sumber belajar yang datang menghampiri sang anak melalui orangtua atau orang dewasa yang dekat dengan sang anak melalui penggunaan perangkat TIK.
Pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dimana anak telah mampu memanfaatkan sendiri perangkat TIK, maka anak dapat secara langsung berinteraksi dengan sumber belajar. Untuk belajar, anak tidak perlu meninggalkan tempat tinggalnya menuju sekolah yang ada, yang jarak tempuhnya cukup lama. Hanya saja, untuk pengembangan aspek sosial anak, maka lembaga pengelola pendidikan secara berkala (setiap akhir semester atau akhir tahun ajaran) mengundang semua peserta didik untuk berkumpul dan tinggal bersama serta belajar bersama
D. Pentingnya Pemanfaatan TIK di Dunia Pendidikan.
Di era global ini, siapapun dapat mengamati bahwa seorang anak yang ingin belajar di Sekolah Dasar (SD) misalnya, ia harus datang ke SD. Artinya, anak atau peserta didiklah yang mendatangi SD karena di SD tersedia berbagai sumber belajar, seperti guru, buku-buku, dan berbagai media pembelajaran lainnya. Hal yang sama juga terjadi bagi anak yang ingin belajar di SMP, SMA, dan SMK. Keadaan yang demikian ini yang lazim terjadi.
Negara Australia dibidang pendidikan dengan persebaran penduduk yang sangat berjauhan dan jarang dapat dijadikan sebagai contoh tentang potensi teknologi. sehingga tidak semua anak dapat datang dan belajar di Sekolah yang disediakan oleh Pemerintah atau institusi pendidikan lainnya. Anak-anak usia Taman kanak-Kanak terpaksa tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di Sekolah Taman Kanak-Kanak yang ada. Demikian juga halnya dengan anak-anak pada usia pendidikan yang lebih tinggi. Tidak semua mereka ini dapat datang dan belajar di sekolah setiap hari. Artinya, yang menjadi kendala adalah apabila anak harus mendatangi sumber belajar secara rutin setiap hari
Kemajuan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari manusia. Kemajuan teknologi juga telah memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan sehari-hari manusia termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Pemerintah Australia mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk membelajarkan para warga negaranya yang karena kondisi geografis dan persebaran penduduk yang terpencar-pencar dan saling berjauhan














BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
1. Teknologi Informasi dan komunikasi tidak dapat dipisahkan dan saling keterkaitan .
2. Pemanfaatan TIK didalam dunia pendidika peserta didik tidak perlu mendatangi sumber belajar tetapi sebaliknya.
3. Penggunaan TIK didalam dunia pendidikan menjadi efiesien baik dalam pemanfaatan waktu, jarak tidak lagi mnjadi masalah dalam belajar,penghematan finansial dan lain-lain.
4. Australia pemanfaatan TIK didalam dunia pendidikan sudah diterapkan pada anak TK.




















DAFTAR PUSTAKA
www.smpn3jember.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar